-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

8 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh - Bayam adalah sayuran hijau yang sangat familar di sekitar kita. Sayur bayam merupakan jenis sayur yang sangat mudah sekali kita jumpaidi pasar ataupun di supermarket, bayam ini mampu tumbuh di sawah maupun pekarangan rumah. Meskipun bayam tergolong sayuran murah meriah, namun bayam memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kandungan gizi dalam bayam sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah dari segala penyakit. Kandungan bayam antara lain sumber vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan sebagainya. Bayam juga rendah kalori. Hal tersebut yang menjadikan bahwa bayam menjadi salah satu makanan yang bernutrisi lengkap dan berikut manfaat bayam yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Fungsi Jantung
Bayam mengandung zat antioksidan yang sangat melimpah, sehingga sangat baik untuk mencegah tersumbatnya saluran arteri karena terkumpulnya kolesterol, yang mampu menyebabkan penyakit jantung sangat tinggi. Selain itu, bayam juga sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

2.  Mencegah Osteoporosis
Vitamin K yang mampu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, pada sayur bayam yang masih segar mengandung sangat banyak vitamin K sehingga mampu mencegah pengeroposan tulang yang disebut osteoporosis. Oleh karena itu mengkonsumsi sayur bayam sangat penting, apalagi pada anak-anak yang sedang tumbuh kembang. Seimbangkan pula dengan susu untuk kalsium yang penting bagi pembentukan tulang.

3. Mencegah Dan Mengobati Anemia
Bayam kaya akan kandungan zat besi yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah yang mampu mencegah dan mengobati penyakit anemia atau kekurangan darah.

4. Mencegah Resiko Kanker
Kandungan flavonoid yang melimpah pada sayur bayam mampu mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh sehingga mampu mencegah resiko terkena penyakit kanker kolon, kanker paru-paru, kanker ovarium, dan juga kanker prostat.

5. Menghindarkan Sembelit
Bayam mengandung serat yang banyak sehingga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan sehingga mampu mencegah sembelit.

6. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah
Zat besi memiliki peran yang sangat penting untuk membangun sel darah merah, yang bertugas untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi akan membuat badan Anda terasa lemah, mudah kehilangan tenaga, mudah mengantuk, dan juga bisa menimbulkan anemia. Untuk mencukupi zat besi dalam tubuh, salah satunya bisa memperbanyak konsumsi bayam.

7. Mencegah Resiko Diabetes
Kandungan magnesium yang terdapat dalam bayam dapat membantu untuk mencegah resiko diabetes. Dengan mengkonsumsi secara rutin bayam akan membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi yang terlalu banyak.
 
 8. Menurunkan Hipertensi
Hipertensi atau darah tinggi timbul karena kadar garam yang tinggi bisa menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh. Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang sangat bermanfaat bagi menurunkan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Previous
Next Post »