Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Cara Mencegah Dan Mengobati Diabetes Secara Alami

Cara Pencegahan Dan Pengobatan Diabetes Secara Alami - Diabetes melitus, atau yang yang sering disebut dengan istilah penyakit kencing manis adalah kelainan terhadap sistem metabolisme yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein.

Gejala Penyakit Diabetes - Gejala yang sering muncul dari diabetes yang tidak segera diobati adalah hilangnya berat badan, polyphagia (sering lapar), polydipsia (sering haus), dan polyuria (sering berkemih). Berdasarkan tipenya diabetes dibagi menjadi 2 macam yaitu :
1. Gejala-gejalanya dapat berkembang sangat cepat (beberapa minggu atau bulan saja) , 
2. Perkembangannya jauh lebih lambat dan mungkin tanpa gejala sama sekali atau tidak jelas.

Gejala-gejalanya lainnya yang dapat menunjukkan adanya diabetes, meskipun hal ini tidak spesifik untuk diabetes antara lain :
  • Pandangan sering kabur
  • Sakit kepala
  • Fatigue (sering lelah)
  • Penyembuhan luka yang lambat
  • Gatal-gatal. 
Tingginya tingkat glukosa darah yang lama dapat menyebabkan penyerapan glukosa pada lensa mata, yang menyebabkan perubahan bentuk, dan perubahan ketajaman penglihatan.

Faktor-Faktor  Pemicu Timbulnya Penyakit diabetes :
  • Tingkat / kadar kolesterol yang tinggi
  • Faktor keturunan
  • Terjadi kerusakan pada sistem pankreas
  • Sering mengkonsumsi makanan instant / junk food
  • Tekanan darah yang tinggi
  • Sering merokok dan stress
  • Mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak
  • Obesitas / kegemukan yang biasanya terjadi pada usia 40 tahunan


Cara Mencegah Penyakit Diabetes
Pencegahan diabetes dapat dilakukan cukup mudah tak ada salahnya jika anda melakukan pencegahan penyakit ini dengan cara melakukan gaya hidup sehat. Karena  mencegah lebih baik daripada mengobati.

1. Menjaga Berat Badan
Kelebihan berat badan atau kegemukan adalah salah satu pemicu timbulnya diabetes . Kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2 tujuh kali lipat. Obesitas membuat seseorang 20 sampai 40 kali lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes dibanding seseorang dengan berat badan ideal yang sehat. 

2. Olahraga Secara Rutin
Seseorang yang jarang Hindari Stres Seperti yang telah dijelaskan di atas, stres dapat meningkatkan sejenis hormon di dalam tubuh yang dapat menaikkan kadar glukosa darah. Karena itu, hindarilah stres dalam bentuk apapun. Jika stres tidak dapat Anda hindari, Anda harus bisa mengelola stres itu dengan baik, seperti dengan relaksasi, refreshing, atau sekedar mendengarkan musik kesukaan di sela-sela aktivitas.melakukan aktivitas fisik atau malas bergerak akan meningkatkan resiko penyakit diabetes. Sebaliknya, olahraga justru akan menurunkan kadar gula dalam darah serta meningkatkan sensitivitas insulin.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat terbukti mampu menghindari berbagai penyakit terutama penyakit diabetes. Konsumsilah biji-bijian, buah dan Sayur. Ada bukti yang meyakinkan bahwa biji-bijian melindungi tubuh terhadap diabetes, sedangkan diet kaya karbohidrat olahan menyebabkan peningkatan risiko. Makanan berserat (buah-sayur) dan biji-bijian akan membuat enzim pencernaan lebih sulit untuk memecah pati menjadi glukosa.

4. Hindari Minuman Manis
Minuman bersoda, teh manis, atau minuman manis lainnya dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah. Konsumsilah air putih kurang lebih 8 gelas per hari Untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga mengontrol kadar gula dalam darah .

5. Hindari Pikiran Stres
Stres mampu meningkatkan produksi hormon di dalam tubuh yang dapat menaikkan kadar glukosa darah. Untuk itu anda harus menghindari stres, seperti rekreasi, mendengarkan musik dan lainnya.

6. Istirahat Cukup
Penuhilah kebutuhan istirahat Anda dengan tidur setidaknya 6 sampai 8 jam per hari. Kurang tidur akan menyebabkan proses metabolisme tubuh terganggu.

Cara Mengobati Penyakit Diabetes



1. Mengkonsumsi Ketan Hitam
Kandungan antioksidan yang tinggi yang dimiliki ketan hitam mempunyai sifat anti-inflasi, sehingga ketan hitam bermanfaat untuk mencegah diabetes. Tak hanya itu ketan hitam juga mampu mengobati berbagai penyakit antara lain : Alzheimer, anemia, kerusakan sel hati, memperlambat penuaan (awet muda), membersihkan kolesterol dalam darah, kanker, dan tumor. Serta menjaga kecantikan kulit, menyuburkan rambut dan sebagai nutri pembentuk otot supaya jadi lebih padat.

2. Mengkonsumsi Buah Mengkudu
Buah Mengkudu Mampu memperbaiki sel-sel penghasil insulin yang ada dalam tubuh. Buah mengkudu juga mengandung senyawa proxeronine yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah tubuh kita, sehingga buah mengkudu dapat mengobati penyakit diabetes.

3. Mengkonsumsi Daun Sirsak
Manfaat dan khasiat daun sirsak untuk mengobati berbagai penyakit telah diketahui banyak orang. Cara mengkonsumsinya cukup dengan meminum air rebusan daun sirsak sebanyak 2 kali sehari.

4. Mengkonsumsi Daun Sambiloto
Daun sambiloto sudah terbukti memiliki peran dalam mengobati berbagai penyakit kronis termasuk penyakit diabetes.

5. Mengkonsumsi Buncis
Kandungan B-sitosterol pada buncis mampu mempercepat produksi insulin di dalam tubuh, namun tetap menjaga insulin tetap normal di dalam tubuh. Buncis obat diabetes ini mampu mengurangi gula darah jika Anda bisa mengolahnya dengan benar.

Previous
Next Post »