-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Membersihkan Telinga dengan Benar itu Penting untuk diketahui !!

Cara - Cara Membersihkan Telinga dengan Benar - Sering kali telinga merasakan gatal di bagian dalamnya , hal tersebut yang menyebabkan kita sering sekali merasa kesal dan membuat kita ingin membersihkanya dan menggaruk bagian telinga yang gatal itu. hal ini sebenernya normal saja tetapi kita juga tidak boleh terlalu sering membersihkan telinga karena alasan kesehatan anda.

Cara benar membersihkan telinga
Membersihkan Telinga dengan Bena
Kenapa membersihkan telinga tidak boleh di lakukan terlalu sering ?? hal ini untuk mencegah semakin sering terangsangnya kelenjar minyak pencegah masuknya kotoran dari luar, itu di bagian bulu - bulu , sehingga akan semakin banyak minyak jika dilakukan berlebihan :



Namun Ada beberapa cara membersihkan telinga baik yang dapat di contoh :

Menggunakan cairan pembersih babby oil dengan kapas untuk bagian daun telinga.
  • Gatal di Dalam Telinga
Jika telinga terasa gatal, ada baiknya anda membeli sebuah cairan khusus di apotik terdekat. Dengan menggunakan cairan ini akan mengeraskan dan mengeluarkan kotoran telingan dengan sendirinya. harganya cukup murah antara 10 - 15 ribu saja.

 
Tetapi apabila Anda kesulitan menemukan cairan ini, Anda bisa melakukan alternatif membersihkan telinga  dengan menggunakan kapas yang telah di celupkan kedalam air hangat, lalu peras, lempit kapas sampai membentuk krucut lalu bersihkan ke bagian yang gatal tadi.

  • Kotoran yang membatu
jika didapati ada kotoran yang telah menjadi batu di telinga bagian dalam bersihkan dengan cotton bud , yang satu ujungnya berbentuk kail. Jika tidak bisa seringlah tidur menghadapkan telinga yang ada kotoran batunya kebawah.






  • Hindari Membersihkan telinga sampai terlalu dalam
Kenapa membersihkan telinga sampai dalam bahkan hingga ke liang telinga malah berbahaya ?? hal ini karena ketika anda membersihkan hingga dalam ( menggunakan cottonbud atau apapun ) akan membuat kotoran justru terdorong semakin dalam dan kemudian menumpuk di bagian dalam.

Cara membersihkan telinga dengan baik itu penting
Batasan membersihkan telinga
itulah 3 tips cara membersihkan telinga yang mungkin bisa Anda terapkan dan hindari. Bilamana cara tersebut belum dapat mengatasi permasalahan telinga Anda , ada baiknya melakukan konsultasi ke teman atau dokter yang lebih mengetahui.

Satu hal yang perlu di peringati ketika anda mulai mendapati pendengaran yang mulai berkurang ada baiknya anda melakukan periksa ke dokter ahli THT,mencurigai ada kotoran yang mengeras di dekat gendang telingan. mengatasi masalah ini dokter akan memberikan obat tetes telinga ( Karbol + Gliserin) untuk memecahkan kotoran tersebut, Setelah kotoran pecah kita dapat membersihkan dan menarik pecahanya keluar ..

Sekian sedikit informasi Cara Membersihkan Telinga, semoga telinga anda tetap sehat dan bersih.

Previous
Next Post »